Mudah Lupa—Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apr 30, 2018

0
Mudah Lupa—Bagaimana Cara Mengatasinya?

Mudah Lupa—Bagaimana Cara Mengatasinya?

Posted in : Uncategorized on by : Somet

Gangguan ingatan merupakan hal yang biasa seiring bertambahnya usia, dan kelupaan kecil seperti kehilangan benda masih bisa dikatakan wajar. Kehilangan ingatan terkait usia bisa disebabkan oleh penyusutan saraf otak, berkurangnya produksi bahan kimia otak, atau terbatasnya aliran darah ke jaringan otak. Kehilangan ingatan yang parah adalah gejala demensia atau alzheimer yang umum. Penyakit Alzheimer sendiri bisa disebabkan oleh faktor genetik, cedera kepala, virus, dan penyakit kardiovaskular.

Kaitan Dengan Nutrisi

Beberapa faktor diet bisa membantu mencegah hilangnya ingatan. Anda bisa mengikuti panduan berikut:.

Makanlah diet seimbang. Nutrisi yang melindungi otak meliputi karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam biji-bijian dan roti, vitamin B ditemukan dalam daging, keduanya dapat membantu memastikan transmisi saraf tetap sehat serta memastikan neurotransmiter dalam jumlah yang pas.

Perbanyak beta karoten dan vitamin C. Ada beberapa bukti bahwa kadar beta karoten dan vitamin C yang tinggi ditemukan pada jeruk, cantaloup, dan banyak buah & sayuran lainnya, memiliki kaitan dengan kinerja memori yang superior pada orang orang yang berusia 65 tahun ke atas. Antioksidan ini dapat menghilangkan penuaan otak dan meningkatkan umur panjang serta kebugaran mental dengan cara memberantas radikal bebas di otak.

Mengonsumsi banyak vitamin E. Dalam satu penelitian besar, lebih dari 4.000 orang melakukan tes yang dirancang untuk menilai kemampuan mereka mengingat fakta. Mereka yang tergolong memiliki memori buruk lebih mungkin terjadi pada orang yang memiliki kadar darah rendah vitamin E. Vitamin E sendiri cukup mudah ditemukan, seperti pada telur, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Penelitian lain menemukan vitamin E dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Jangan kekurangan zat besi. Studi telah menunjukkan bahwa anak-anak mendapat nilai tes daya ingat yang lebih baik saat defisiensi besi mereka dikoreksi. Daging belang, sayuran berdaun gelap seperti bayam, dan kedelai adalah sumber zat besi yang baik.

Selain Pola Makan

Pertimbangkan saran-saran ini yang mendukung kesejahteraan secara keseluruhan dan mungkin berperan dalam melestarikan memori:

Olahraga. Olahraga dapat membantu otak “awet muda” dan mempertahankan daya ingat.

Terus belajar. Cobalah hobi baru atau mengisi teka-teki silang. Kebiasaan-kebiasan tsb dapat membantu fungsi mental Anda.

Pertimbangkan suplemen. Suplemen seperti vitamin C, beta-karoten, folat, ginkgo, minyak sage. dan fosfatidilserin dapat membantu mencegah atau menunda kehilangan memori/ingatan, namun diperlukan lebih banyak penelitian mengenai hal tersebut. Bicaralah dengan dokter atau ahli diet Anda sebelum mengonsumsi suplemen.

Selidiki kondisi mendasar lainnya. Jika Anda sering lupa/hilang ingatan, dokter Anda mungkin akan menyuruh Anda untuk menjalani tes guna menyingkirkan kondisi kesehatan yang mendasarinya. Jika Anda meminum obat yang mungkin menyebabkan hilangnya ingatan, dokter bisa menyarankan alternatif obat lainnya.

Sumber: deherba.com