Mengenal Sejarah Batik Solo

Apr 17, 2018

0

Mengenal Sejarah Batik Solo

Posted in : Travel, Uncategorized, Wisata on by : Somet

sejarah batik solo

Sepertinya hampir semua orang sudah cukup familiar dengan batik Solo. Namun demikian, mungkin masih tak banyak yang memahami bagaimana sejarah batik Solo itu sendiri. Supaya lebih semangat dan termotivasi untuk bisa mempertahankan serta melestarikan warisan budaya berupa batik Solo, tak ada salahnya bila mengenal dan lebih memahami bagaimana sejarah yang berkaitan dengan kemunculan batik tersebut.

Penjelasan Singkat Sejarah Batik Solo

Bila ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah batik Solo, hal ini tak akan jauh0jauh dari masa kerajaan Pajang yang ada sekitar 4 abad yang lalu. Kerajaan pajang merupakan kelanjutan dari dinasti Demak dan memindahkan pemerintahannya di kawasan Pajang. Batik Solo awalnya diperkenalkan oleh Ki Ageng Henis di desa Laweyan yang masuk ke wilayah kerajaan Pajang. Ki Ageng Henis sendiri merupakan putra dari Ki Ageng Selo yang masih keturunan Brawijaya V. Perkembangan batik Solo semakin beragam setelah berdirinya Keraton Surakarta di tahun 1745. Hal ini berkaitan dengan perpecahan Keraton Surakarta dan Ngayogyakarta yang mana seluruh busana kebesaran Mataram dibawa ke keraton Ngayogyakarta. Hal inilah yang akhirnya memunculkan perintah dair pihak Keraton Surakarta untuk membuat sendiri motif batik khas Gagrak Surakarta.

Sejak adanya intruksi untuk membuat motif batik sendiri di wilayah Keraton Surakarta, hal ini memunculkan berbagai corak batik yang berkembang di masyarakat. Namun demikian, ada peraturan tentang motif batik tertentu yang diizinkan ataupun dilarang untuk digunakan di wilayah keraton. Motif-motif batik yang digunakan di wilayah keraton biasanya tidak diperkenankan untuk dipakai oleh masyarakat biasa di luar keraton. Inilah mengapa perkembangan motif batik yang ada di wilayah Solo pin semakin beragam. Bahkan, seiring dengan perkembangan zaman di wilayah Surakarta sendiri terdapat dua kampung batik yaitu kampung batik Laweyan dan kampung batik Kauman.

Saat ini, menemukan berbagai kerajinan kain batik Solo bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan, produk-produk fashion yang mengaplikasikan batik Solo pun sangat mudah dijumpai di pasaran dengan beragam mode dan gaya. Dan dengan memahami bagaimana sejarah batik Solo itu sendiri, hal ini tentunya akan semakin menumbuhkan kecintaan terhadap salah satu warisan budaya ini.