Cara mudah membuat minyak lintah

Nov 26, 2017

0

Cara mudah membuat minyak lintah

Posted in : Uncategorized on by : Somet

Lintah merupakan hewan air yang dapat kita temukan di sawah, sungai, danau maupun rawa-rawa. Namun untuk sekarang ini keberadaan lintah sangat sulit kita temukan pada daerah tersebut. Pasalnya sebagian besar daerah habitat lintah yang ada disekitar pemukiman warga sudah tercemar oleh berbagai limbah yang dihasilkan dari pabrik maupun dari warga. Keberadaan lintah yang sulit ditemui inilah yang menjadikan masyarakat berniat untuk membudidayakanya, karena khasiatdari minyak lintah yang dihasilkannya sangatlah besar.

Berbicara Maslaah minyak lintah pasti sudah banyak yang tahu, karena sekarang ini sudah banyak beredar minyak lintah dipasaran dengan berbagai merk. Jika anda tertarik untuk membeli namun ragu akan keasliannya anda dapat membuat minyak lintah sendiri. Cara pembuatan minyak lintah sebenarnya cukup mudah dilakukan, namun anda harus tahu lintah jenis apa yang bagus untuk diambil minyaknya. Karena kurangnya pengetahuan jangan sampai anda asal mengambil lintah dari alam bebas. Dan berikut cara mudah membuat minyak lintah sendiri.

Pertama tama pilihlah lintah yang memiliki khasiat, karena lintah memiliki lebih dari 600 jenis. Jadi anda harus jeli ketika memilih jenis lintah yang mau anda ambil minyaknya. Pilihlah lintah dari jenis hirudo, atau yang biasa dipakai buat terapi pengobatan. Jangan membuat minyak dari lintah yang anda ambil dialam liar, karena takutnya lintah tersebut terkontaminasi oleh bakteri-bakteri jahat yang ada dialam liar. Untuk itu jika anda ingin sekali membuat minyak lintah sendiri, belilah lintah dari peternak atau orang yang membudidayakanya. Selain tidak salah memilih jenis lintah, membeli lintah dari peternak langsung juga lebih aman tidak terkontaminasi bakteri jahat.

 

minyak lintah

Cara pembuatan

Pertama tama ketika akan membuat minyak lintah adalah menyiapkan media untuk membuatnya. Media yang dapat kita gunakan adalah penggorengan atau seng, atur lah cara sebisa anda supaya apabila lintah tersebut ditaruh pada media tidak lari. Ambil beberapa lintah lalu taruh pada media tersebut, kita contohkan saja 20 ekor lintah. Setelah kita letakkan lintah pada media, langkah selanjutnya adalah menaruh media tersebut pada terik matahari.

Tunggu 2-3 jam lali ambil media beserta lintah-lintah tadi yang sudah meleleh, biasanya bentuk lintah yang sudah dijemur tadi seperti plastik yang terbakar, maka dari itu kita perlu menambahkan bahan lain supaya minyak lintah dapat digunakan. Bahan lain yang umum digunakan adalah minyak zaitun, campurkan minyak zaitun pada lintah yang meleleh tadi. Aduk aduk sampai merata, dan pindahkan minyak lintah ini pada wadah yang sudah anda siapkan, bisa botol kecil atau wadah lain. Dan ketika mau digunakan, kocok-kocoklah terlebih dahulu supaya bisa merata.

Minyak zaitun juga mempunyai khasiat untuk kesehatan kulit. Maka dari itu campuran yang sering digunakan adalah minyak zaitun. Nha itulah sedikit cara mudah membuat minyak lintah sendiri, semoga artikel diatas bisa menambah wawasan yang bermanfaat bagi kita bersama.