Penghasilan GoJek Dan Bagaimana Cara Mendaftar GoJek

Jun 28, 2017

0
Penghasilan GoJek Dan Bagaimana Cara Mendaftar GoJek

Penghasilan GoJek Dan Bagaimana Cara Mendaftar GoJek

Posted in : Umum on by : Somet
  • ,
  • Penghasilan GoJek – Salah satu bisnis yang saat ini dijalankan oleh beberapa orang adalah menjadi pengemudi motor online. Profesi ini sebenarnya sama dengan motor biasa tapi ada perbedaan tarif dan pelayanan. Lantas bagaimana dengan penghasilan harian seorang sopir ojek secara online?

    Salah satu penyedia layanan ini adalah GoJek. GoJek sendiri merupakan start up lokal yang bekerja dengan menyatukan driver dengan pelanggan dengan sistem online. Untuk perhitungan pendapatannya, dihitung dua sumber penggerak pendapatan dari ujung tarif dan bonus poin.

    A. Tarif Menggunakan Gojek

    Yang pertama, tarif atau biaya yang harus dibelanjakan pelanggan saat menggunakan layanan ini. Tarif ini lebih rendah dari tarif ojek. Itulah sebabnya banyak yang beralih ke transportasi online ini. Perhitungan, seperti taksi dihitung berdasarkan jarak tempuh.

    Namun masing-masing daerah memiliki ketentuan yang berbeda, jelas hal ini dipengaruhi oleh kepadatan lalu lintas di daerah tersebut.

    Untuk wilayah Jabodetabek memiliki nilai Rp. 30.000 untuk setiap 12 KM
    Untuk wilayah Bandung / Bali / Surabaya memiliki nilai Rp. 24.000 untuk setiap 12 KM
    Untuk wilayah Palembang memiliki nilai Rp. 16.000 untuk setiap 8 KM

    Misalkan, Anda adalah supir Gojek dan saya membuat pesanan. Saya akan pergi ke tempat dengan jarak sekitar 12 KM (posisi di Jakarta) maka di layar ponsel saya akan didaftarkan perkiraan tarif 30 ribu rupiah. Dan itulah yang Anda dapatkan nanti saat sampai di tempat tujuan.

    Pesanan malam spesial (pukul 23.00 – 05.00), memiliki tarif berbeda. Tarifnya Rp. 8.000 untuk setiap 4 KM di seluruh kota plus malam komsisi sekitar Rp. 3000 maka penghasilan yang anda dapatkan saat menerima pesanan pada jam tersebut adalah sekitar Rp. 8.000 + Rp. 3.000 = Rp. 11.000 (untuk jarak tempuh 4 KM)

    Sopir apa yang bisa menaikkan tarif?

    Tentu saja bisa, namun perlu diingat GoJek juga memiliki sistem penilaian yang salah satunya dipengaruhi oleh umpan balik dari pelanggan Anda. Jika pelanggan mengeluhkan aktivitas penggalangan harga sepihak Anda maka itu akan menghancurkan peringkat Anda.

    Risikonya adalah Anda akan mendapat sanksi dari GoJek dalam bentuk penghentian pasangan jika rating Anda turun di bawah 4.3 (sumber: driver.go-jek.com)

    B. Harian pint dan bonus perhitungan

    Terlepas dari tarif yang Anda dapatkan dari konsumen, Anda juga memperoleh penghasilan tambahan dari sistem point yang bisa ditukarkan dengan bonus tambahan. Hal ini akan Anda dapatkan setiap kali Anda menyelesaikan pesanan. Seperti contoh di atas, jika Anda menerima satu pesanan maka Anda akan mendapatkan 1 poin pada hari itu.

    Daftar layanan servis Go-Jek (wilayah Jabodetabek)

    Untuk layanan Go-Ride 1 point / order
    Untuk layanan Go-Send 1 point / order
    Untuk layanan Go-Food 2 point / order + 1 point untuk minimum belanja Rp.200.000
    Untuk layanan Go-Shop dan Go-Mart 1 point untuk jarak 0 – 10 Km, lebih dari 10 Km mendapat 2 poin
    Layanan Go-Mart dengan minimal Rp.200.000 bisa menjadi 1 poin
    Layanan Go-Mart dengan tatanan malam (23.00 – 05.00) juga bisa menjadi tambahan 1 poin
    Go-Med Service 2 point / order

    Dalam satu hari, Anda akan mendapatkan poin yang akan dikumpulkan setiap kali Anda menyelesaikan pesanan layanan di atas.

    Berapa bonus yang didapat saat menebus poin ini?

    14 poin bisa mendapatkan Rp.20.000
    16 poin bisa ditukar Rp.30.000
    20 poin bisa ditukar Rp.40.000

    Jika anda mendapatkan point sampai 50 per hari maka anda bisa mendapatkan bonus sampai Rp.90.000 / hari (source: driver.go-jek.com)

    Tapi pihak Go-Jek memberikan syarat untuk bisa bertukar pointnya, syarat bahwa performa minimum Anda sebagai pengemudi harus minimal 55%. Tapi bonus akan dipotong jika performa Anda di bawah 55% (bonus akan dibayarkan saat performa mencapai 55%).

    Anda dapat melihat persentase kinerja ini di tab kinerja aplikasi driver gimmick.

    Persentase perhitungan kinerja ini, dipengaruhi oleh Anda sendiri. Persentase ini akan tinggi (bisa 100%) jika Anda menyelesaikan semua pesanan masuk tanpa menolaknya. Jika ada yang membatalkan atau semacam menunujukan anda seorang sopir menolak orderan dengan alasan apapun maka akan menurunkan persentase performa.

    Misalnya di hari ini ada 10 pesanan masuk, karena ada alasan Anda menolak 2 pesanan dan hanya menyelesaikan 8 pesanan. Maka performa Anda adalah 80% (masih aman) tapi jika Anda menolak lebih dari setengah pesanan masuk maka bisa menurunkan angka performa Anda.

    Untuk memaksimalkan persentase ini, maka aturlah waktu dengan bijak. Pastikan untuk menekan tombol tidak aktif saat Anda mengerjakan urusan lain (saat makan atau urusan lainnya). Ini akan membuat orderan tidak masuk ke akun anda sehingga aman dari potensi cancel.

    Jadi kesimpulannya,

    Penghasilan harian seorang pengendara motor online sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Termasuk berapa banyak orang yang memesan dan berapa banyak perjalanan mereka. Tapi pepatah lama masih berlaku, semakin keras bisnis Anda semakin banyak penghasilan Anda berarti semakin lama Anda mengaktifkan aplikasi ini semakin banyak pesanan masuk.

    Hal lain yang cukup sepele tapi juga menentukan pendapatan harian supir taksi motor online adalah jenis motor yang digunakan. Jika Anda menggunakan motor dengan mesin berkapasitas besar, otomatis konsumsi bensin lebih banyak. Ini akan menurunkan penghasilan harian Anda.

    Solusinya, pastikan Anda memilih motor dengan spesifikasi terbaru (sudah dilengkapi electronic injection) yang memiliki kapasitas mesin tidak terlalu besar (di bawah 150 cc). Untuk menjadi sopir Go-Jek, Anda bisa mendaftar di situs ini : Cara Daftar Menjadi Driver GoJek

    Dengan demikian, artikel yang lengkap dan jelas tentang perhitungan pendapatan bagi pengemudi gojek mungkin dapat meningkatkan wawasan dan bermanfaat bagi kita semua.