Tips Membedakan Kurma Jantan dan Kurma Betina

Apr 7, 2018

0

Tips Membedakan Kurma Jantan dan Kurma Betina

Tahukah anda bahwa kurma juga memiliki ‘jenis kelamin’ loh? Ya, sama seperti kita manusia, kurma juga memiliki jenis Kurma Jantan dan Kurma Betina. Mungkin masih banyak di antara kita yang belum tahu hal ini, atau anda mungkin sudah tahu, namun tidak bisa membedakan antara keduanya.

Tulisan kali ini akan membahas mengenai hal itu, khususnya mengenai Kurma Jantan. Semenjak Indonesia mulai menggemari menanam kurma, banyak masyarakat yang berbondong-bondong mencari bibit kurma. namun, tidak jarang mereka kebingungan saat ingin membedakan jenis kelamin kurma yang baru berumur di bawah 3 tahun, karena ini memang sulit dipastikan. Dibutuhkan pengetahuan dan perhatian khusus serta lebih mendalam saat ingin melakukan pemilihan bibit dan terlebih melihat Jenis Kelamin Kurma. Pasalnya, jenis kelamin akan menentukan apakah kurma bisa berbuah atau tidak.

Baca juga: Kampung Kurma

Nah, berikut ini akan dijelaskan mengenai Kurma Jantan. Kurma Jantan adalah kurma yang tidak bisa berbuah, baik Kurma Tropis Jantan ataupun kurna yang tumbuh di daerah pdang pasir. Namun, anda harus tahu bahwa Kurma Betina tidak akan bisa berbuah jika tidak ada Si Kurma Jantan. Meskipun ada sebagian yang berbuah, tapi buahnya tidak akan sebagus dan seenak ketika ada Kurma Jantan disampingnya. 😀

Selanjutnya, jika anda sudah mengetahui konsep di atas, mari kita lanjutkan melihat beberapa pendapat dari ahli mengenai kurma. Hitung-hitung menambah pengetahuan, check it out:

“Kurma Betina bisa anda dapatkan dari anakan pohon kurma, yaitu pohon kurma yang tumbuh dari pohon kurma besar yang lebih kurang berumur 4 tahun atau lebih. Sebab anakan kurma hanya akan tumbuh dari kurma betina.”

Pendapat di atas masih mendapatkan pembatahan, sebab ternyata kurma jantan juga bisa beranak dan jenis kelaminnya akan sama. Jadi, anakan kurma betinan akan menghasilkan anak betina dan Anakan Kurma Jantan akan menghasilkan kurma jantan.

“Kurma Jantan dan Betina bisa dibedakan melalui bagian daunnya, kurma jantan memiliki daun dan duri yang lebih panjang, serta terlihat banyak ditiap tangkainya”

Nah, itulah beberapa pendapat yang banyak beredar.

Sekarang, kita masuk saja pada poin-poin perbedaan di antara keduanya:

  1. Membedakan pohon kurma saat ia sudah berbunya akan lebih mudah. Pasalnya bisa dipastikan melalui bentuk bunganya, seperti gambar di bawah ini: bibit kurma, kampung kurma, kampoeng kurma
  2. Bibit dari anakan sudah bisa diketahui jenis kelaminnya, seperti penjelasan yang telah terdahulu tadi.
  3. Bibit yang didapatkan dari perbanyakan kultur jaringan merupakan salah satu cara dalam membedakan Kurma Jantan Dan Kurma betina. Kultur jaringan dengan jenis kelamin jantan sebenarnya juga ada, namun hingga saat ini Indonesia belum mengimpornya, sebab masyarakat lebih antusias pada kultur jaringan kurma betina. Mereka beranggapan bahwa akan banyak Kurma Jantan Di Indonesia dari para penanam yang membudidayakan dari perbanyakan biji.

Itulah kiran-kira yang bisa kita lakukan saat ingin membedakan kurma jantan dan kurma betina. Hal penting yang harus anda ketahui adalah saat anda ternyata menanam kurma jantan, maka jangan lantas kecewa. Sebab, tenyata Bungan Kurma Jantan juga dijual dengan harga yang cukup mahal, dan bunga ini bisa diawetkan selama satu tahun.

Intinya, jika anda ingin sukses berkebun kurma, makan jangan pernah ragu untuk mulai menanam. Sebab, jika tidak kita akan semakin jauh tertinggal dari negara-negara lain yang siap menanam dengan segala resiko. Pasalnya, Thailand ternyata juga memulai kebunkurma ini dengan kegagalan.

Jadi, semoga ada manfaat yang anda dapatkan setelah membaca ulasan singkat ini terkait dengan perbedaan Kurma Jantan dengan Kurma Betina ini. Teliti dan cermati ketika membedakan kurma jantan dan betina, gunakan semua pengetahuan atau ilmu yang anda tahu. Jika memang tidak tahu sama sekali, maka jangan ragu bertanya pada yang lebih tahu, sebab bertanya adalah salah satu kunci ilmu. J