Tinggal di apartemen solo, bagusan pilih mana lantai atas atau bawah?

Jan 24, 2018

0

Tinggal di apartemen solo, bagusan pilih mana lantai atas atau bawah?

Posted in : properti on by : Somet
  • Apartemen merupakan hunian vertikal yang terdiri dari paling tidak lima lantai. Salah satu hal unik yang harus dipikirkan oleh orang-orang yang akan menyewa apartemen adalah posisi apartemen, di lantai atas atau bawah. Banyak orang yang tergesa-gesa memilih lantai atas karena konon katanya memiliki pemandangan indah. Tapi, lantai atas yang¬† menawarkan panorama yang indah tidak harus menjadi hal mutlak untuk menentukan posisi apartemen. Ada banyak pertimbangan lain yang harus dipikirkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

    1. Pemandangan

    Sewa atau beli apartemen di Solo dekat UNS atau di kota-kota besar lainnya biasanya memang akan menghadirkan pemandangan indah dari lantai atas, terutama di malam hari.  Pemandangan kerlap-kerlip lampu kota dan kendaraan akan memanjakan mata dan membuat rileks. Begitu pula di siang hari, pemandangan kota berhias langit biru akan memanjakan mata Anda. Jika Anda ingin mendapatkan kamar dengan view seperti ini, maka apartemen di lantai atas yang cocok untuk Anda.

     

    1. Tingkat Kebisingan dan Keamanan

    Semakin tinggi posisi unit apartemen, tentu saja tingkat kebisingan akan semakin rendah. Jika Anda memang tak ingin tinggal di apartemen dengan suasana bising, lantai atas jauh dari lobby merupakan lantai yang tepat untuk Anda. Untuk masalah keamanan, karena letaknya yang ada di atas, unit apartemen di lantai atas relatif lebih aman dari pencuri. Meski hal ini bukan jaminan mutlak, namun dari kasus-kasus pencurian di unit apartemen yang terjadi, jarang ada unit apartemen di lantai atas yang terbobol pencuri. Jika faktor takut kemalingan menjadi salah satu pertimbangan Anda dalam mencari sewa apartemen di Solo dekat UNS atau di tempat-tempat lain, terutama jika Anda mahasiswa yang jarang ada di apartemen dan lebih banyak menghabiskan waktu di kampus, pilihlah unit apartemen di lantai atas.

     

    1. Akses Keluar dan Membawa Barang (Furnitur)

    Jika Anda sering keluar-masuk apartemen, apalagi sambil membawa barang-barang, seperti belanjaan atau bahkan furnitur, pilihlah sewa apartemen di Solo dekat UNS yang unitnya di bawah. Apartemen di lantai bawah biasanya lebih cocok untuk orang-orang dengan kepentingan seperti ini karena posisi yang lebih dekat dengan lantai dasar atau akses keluar. Selain itu, letaknya yang dekat dengan lantai dasar juga akan menghemat waktu saat ingin pergi karena tidak harus menghabiskan waktu untuk antri di lift untuk mencapai pintu keluar atau lobby utama.

     

    1. Keadaan Darurat dan Bencana

    Tinggal di hunian vertikal kadang menjadi ketakutan tersendiri bagi penghuninya, apalagi yang takut akan keadaan darurat dan bencana seperti kebakaran dan gempa bumi. Jika Anda merupakan salah satu orang yang takut akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, ada baiknya Anda tinggal di unit apartemen lantai bawah. Unit apartemen lantai bawah tentu lebih aman dari gempa bumi dan juga lebih dekat dengan pintu keluar jika harus lari menyelamatkan diri. Meski demikian, kebanyakan apartemen sekarang ini sudah memiliki struktur anti gempa dan alat-alat pemadam kebakaran di tiap lantainya, jadi hal-hal buruk bisa diminimalisir.

    Itu dia tadi beberapa pertimbangan untuk memilih unit apartemen ketika sewa apartemen di Solo atau di kota-kota lainnya. Satu lagi, Jika Anda memiliki hewan peliharaan yang diperbolehkan oleh pihak apartemen untuk tinggal di unit apartemen Anda, pastikan juga Anda memilih apartemen di lantai bawah karena akses untuk membawa hewan peliharaan Anda keluar apartemen akan lebih mudah. Semoga bermanfaat!