Paham Harga Tanah Kavling itu Penting!

Mar 31, 2018

0

Paham Harga Tanah Kavling itu Penting!

Posted in : properti on by : Somet
  • ,
  • Tidak mengherankan banyak orang yang berlomba-lomba mengikuti Bisnis Properti terutama Bisnis Tanah Kavling. Hal ini terjadi karena makin tingginya keuntungan yang akan diperoleh saat Tanah Kavling terjual. Pembeli juga harus selektif dalam memilih lahan yang ingin dibelinya. Pasti hal pertama yang dilihat oleh pembeli adalah harga yang ditawakan penjual, karena mereka ingin menyesuaikan Harga Tanah dengan dana yang ada.

    Untuk menentukan Harga Tanah Kavling ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Seperti, jika Tanah Kavling berada dilingkungan yang strategis, nyaman, bersih, dan aman maka harganya akan lebih tinggi dibandingkan dengan Tanah Kavling didaerah yang kurang kondusif. Oleh karena itu untuk pembeli jangan hanya menerima informasi Harga Tanah Kavling dari satu sumber saja, cobalah cari informasi dari orang lain yang berada di sekitar lahan tersebut.

    Baca juga: Kampoeng Kurma

    Banyak rumus yang bisa digunakan untuk menentukan Harga Tanah Kavling, namun rumus yang paling umum digunakan adalah dengan mengkalikan nilai jual obyek tanah dikali luas tanah. Hasil dari perkalian ini dapat dijadikan harga dasar utama dalam menentukan Harga Jual Tanah Kavling. Setelah harga dasar ditentukan, maka penjual akan mempertimbangkan kondisi dan situasi sekitar lahan, seperti sumber air, keamanan, dekat dengan pusat kota, memiliki akses jalan yang dekat, dan sebagainya akan mempengaruhi peningkatan Harga Jual Tanah Kavling.

    Rumus berikut yang bisa dimanfaatkan oleh soerang developer adalah degan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Rumus ini digunakan untuk menentukan pajak suatu lahan atau bangunan yang berada di daerah tertentu. Pada kolom NJOP akan dicantumkan nilai tanah dalam satuan meter untuk Tanah yang sedang diperjualbelikan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa NJOP selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Nah, penentuan Harga Tanah Kavling dengan NJOP ini adalah dengan mengkali dua harga yang ditetapkan oleh NJOP. Tetapi untuk tanah yang memiliki luas diatas 10 hektar lebih, maka boleh menetapkan harga di bawah NJOP

    Jika anda memiliki kenalan yang berkecimpung dibidang Bisnis Properti, tidak ada salahnya meminta saran dan pendapatnya dalam memilih dan menentukan Harga Tanah yang ingin dibeli agar tidak tertipu dan untuk lebih berhati-hati.

    Aspek selanjutnya yang menjadi pertimbangan dan mempengaruhi Harga Jual Tanah Kavling adalah biaya pengurusan Sertifikat Tanah Kavling, biaya ini bisa ditanggung oleh penjual ataupun pembeli tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Namun biaya yang cukup besar akan ditanggung oleh pembeli saat mengurus pembalikan nama pada Sertifikat Tanah Kavling.