Cara Membuat Kopi yang Enak Rasa Espresso

Jan 16, 2018

0
Cara Membuat Kopi yang Enak Rasa Espresso

Cara Membuat Kopi yang Enak Rasa Espresso

Posted in : Makanan on by : Somet
  • Membuat sebuah kopi yang nikmat merupakan sebuah selera yang dimiliki oleh masing-masing orang. Kopi berjenis espresso bisa didapatkan dengan menggunakan mesin, namun ada pula cara membuat kopi espresso yang tidak perlu menggunakan mesin namun masih menggunakan prinsip mesin espresso guna mendapatkan rasa yang sama dengan kopi espresso dengan buatan mesin. Kali ini akan membahas cara membuat kopi yang enak dengan rasa espresso dengan mesin dan tanpa menggunakan mesin.

    Bila anda ingin menggunakan mesin, anda perlu mengikuti aturan yang tertera pada mesin. Yang pertama hidupkan mesin dan tunggu sekitar 2 hingga 3 menit untuk lampu indikator memberikan status telah siap untuk bekerja, bahkan ada yang mencapai 30 menit baru menandakan mesin siap bekerja. Pasang bagian portafilter yang belum diisi kopi. Nyalakan mesin kembali agar air panas di dalamnya mengalir. Ini bertujuan meningkatkan dan menghasilkan aroma yang kuat. Siapkan wadah dan panaskan wadah yang akan digunakan untuk kopi espresso. Masukkan satu sendok makan bubuk kopi ke dalam portafilter. Selanjutnya anda bersihkan sisa-sisa bubuk kopi yang ada di pinggir portafilter. Gunakan bubuk kopi yang bertekstur kasar. Setelah itu pasanglah portafilter ke dalam mesin kopi. Letakkan pula sebuah gelas yang sudah dihangatkan di bagian pengeluaran hasil espresso. Tunggu hingga 25 detik dan jangan terlalu lama sebab merusak keaslian espresso. Setelah itu kopi siap di hidangkan dan di nikmati. Cara membuat kopi yang enak ala espresso ini terdapat cairan coklat keemasan di permukaannya dan inilah ciri khas dari kopi ini.

    Kalau cara membuat kopi yang enak ala espresso tanpa mesin lebih mudah. Masukkan kopi bubuk ke dalam Classic Drip sebanyak 3 sendok teh untuk single shot dan 6 sendok teh untuk double shot. Ratakan kopi dan padatkan kopi yang ada di Classic Drip. Tuangkan air panas ke sisi atas dari Classic Dripdan diusahakan air dimasak manual tanpa melalui dispenser. Tutup Classic Drip serta tunggu selama sekitaran 5 menit sampai 10 menit hingga sari kopi berhenti menetes dari Classic Drip. Setelah selesai, kopi espresso siap dihidangkan.