Perubahan-Perubahan Pada Tubuh Ketika Umur Anda 40-n

Jan 29, 2018

0

Perubahan-Perubahan Pada Tubuh Ketika Umur Anda 40-n

Posted in : Kesehatan on by : Somet

etika pria menjadi dewasa, banyak perubahan terjadi pada tubuhnya. Kebanyakan perubahan disebabkan oleh penurunan kadar hormon testosteron. Hormon pria yang dominan ini mulai menurun secara berangsur-angsur sekitar usia 30an. Perubahan pada tubuh yang diakibatkannya berkisar dari peningkatan lemak tubuh hingga penurunan masa otot. Memahami bagaimana perubahan ini dapat membantu memperlambat atau mungkin mencegah transformasi tertentu dari tubuh.

Penurunan Kadar Testosteron

Secara umum kadar testosteron pria menurun sekitar 1 person setahun. Namun di usia 40 ke atas, penurunan tersebut bisa mencapai 50 person. Penurunan kadar hormon ini mempengaruhi peningkatan lemak tubuh, kerontokan rambut, perubahan suasana hati dan disfungsi ereksi. Mungkin tidak semua pria mengalami semua atau beberapa gejala tersebut, atau beberapa gejala juga mungkin sudah berlangsung lama tanpa disadari. Jika gejala memburuk atau sulit diatasi, carilah bantuan medis.

Kehilangan masa otot

Kehilangan masa dan kekuatan otot ketika seseorang menua secara medis disebut sarcopenia. Sarcopenia secara dominan terlihat baik pada orang yang aktif maupun yang kurang bergerak. Efek dari penuaan otot ini sebagian dapat dicegah dengan latihan beban. Penelitian menunjukkan latihan beban dapat mempengaruhi sistem neuromuskular, konsentrasi hormon dan tingkat sintesis protein, sehingga menghasilkan pertumbuhan otot yang terpelihara.

Peningkatan Lemak Tubuh

Pria biasanya mengalami kenaikan lemak tubuh sebagai efek dari menurunnya tingkat hormon. Menurunnya kadar testosteron mengarah pada siklus pertumbuhan lemak perut yang tidak diinginkan. Membuncitnya perut menyebabkan peningkatan aktivitas hormon aromatase, yang mengubah testosteron menjadi estradiol. Meskipun lebih dominan pada wanita, estradiol juga mengurangi testosteron dan meningkatkan kerentanan produksi lemak perut. Selain itu tubuh juga mengalami kerontokan rambut. Baca juga cara mengatasi rambut rontok.

Menopause Pria

Jangan salah, pria juga bisa Iho mengalami menopause. Menopause laki-laki (andropause) merupakan kombinasi dari gejala yang diakibatkan oleh penurunan kadar hormon. Gejalanya termasuk perubahan dalam fungsi seksual, pola tidur dan berbagai kemungkinan perubahan emosional, termasuk depresi, kegelisahan, lekas marah dan kelelahan yang tidak biasa. Tingkat penurunan hormon testosteron juga dikaitkan dengan penurunan daya ingat dan kesulitan dalam konsentrasi.  Artikel menarik lainya bisa dilihat disini.