Penyebab & Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Apr 27, 2018

0
Penyebab & Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Penyebab & Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Posted in : Kesehatan on by : Somet

Penyebab hidung tersumbat ada macam-macam, dan cara mengatasinya pun berbeda-beda. Apa saja macam-macam penyebab hidung mampet itu? Bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat tanpa obat?

Penyebab Hidung Mampet Sebelah

Penyebab hidung tersumbat sebelah antara lain: kelainan anatomi hidung, infeksi bakteri atau virus, dan reaksi alergi. Kelainan anatomi hidung yang umum ialah deviasi septum hidung. Infeksi bakteri atau virus berkaitan dengan penyakit sinusitis. Reaksi alergi biasanya karena alergi debu, serbuk sari, atau bulu binatang.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Cara mengatasi hidung mampet karena alergi/iritasi: menggunakan larutan garam (saline) untuk menghilangkan sumbatan di saluran napas. Juga menghindari zat-zat atau apapun yang bisa memicu alergi.

Kalau penyebabnya adalah infeksi di sinus, cobalah lembapkan bagian dalam hidung dengan menghirup uap dari air panas di mangkuk. Minum banyak air supaya kelembapan terjaga dari dalam tubuh.

Penyebab Hidung Mampet Berkepanjangan

Penyebab hidung tersumbat hampir setiap hari antara lain: alergi, sinusitis, hidung kering, dan polip. Alergi biasanya karena debu, bulu hewan, atau serbuk sari. Sinusitis biasa disebabkan oleh infeksi bakteri. Hidung karena sering kali karena ruangan ber-AC. Dan polip bisa dipicu oleh peradangan di dalam hidung.

Cara Mengatasi Hidung Mampet Berkepanjangan

Cara mengatasi hidung mampet karena alergi: hindari pemicu-pemicu apapun yang bisa menimbulkan alergi.

Cara mengatasi hidung tersumbat akibat sinusitis: Obati sinusitis dan lembapkan bagian dalam hidung menggunakan larutan garam (saline).

Cara mengatasi hidung tersumbat karena AC: Lembapkan bagian dalam hidung dengan tisu biasa yang dibasahi air.

Penyebab Hidung Tersumbat pada Anak & Bayi

Penyebab hidung tersumbat pada anak dan bayi antara lain: infeksi dan alergi. Paling sering infeksinya disebabkan virus, yang juga menyebabkan anak pilek. Anak juga bisa alergi terhadap asap rokok, debu, atau parfum.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Anak & Bayi

Baringkan anak pada punggungnya. Sangga punggung atasnya dengan gulungan handuk atau selimut kecil. Teteskan 2 – 3 tetes larutan saline ke dalam setiap lubang hidung. Tunggu 30 – 60 detik, lalu telungkupkan anak di perutnya. Keringkan ingus yang mengalir keluar dengan tisu atau handuk.

Demikianlah artikel yang mengulas penyebab & cara mengatasi hidung tersumbat. Semoga kita jadi semakin paham penyebab kenapa kita sering mampet hidungnya dan tahu cara mengatasinya.

Sumber: Deherba.com