Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Susah BAB

Nov 9, 2017

0

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Susah BAB

Posted in : Kesehatan on by : Somet

Sepanjang masa perkembangan, satu kondisi yang normal bila bayi alami sulit makan atau malah makan tidak ada henti. Walau sekian, yakinkan system pencernaan bayi tidak terganggu. Keadaan bayi sulit BAB yaitu satu diantara yang pantas diwaspadai.

Anda sudah pasti tidak bisa berasumsi mudah problem ini karna dapat menyebabkan jelek untuk perubahannya keseluruhannya. Untuk beberapa orangtua, mari kita pelajari bersama bagaimana caranya menanggapi keadaan ini.

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bayi yang Susah BAB

Bagaimana Langkah Ketahui Bayi Terserang Konstipasi?

Setiap bayi tentu mempunyai siklus dengan alur spesifik, termasuk juga dalam soal buang air besar. Cermati bagaimana siklus buang air besar ini berlangsung pada bayi Anda. Alur ini perlu ditelaah supaya saat berlangsung keadaan diluar rutinitas, Anda dapat mendeteksi sesegera mungkin saja bila bayi sulit BAB.

Tetapi mesti Anda ingat kalau rutinitas buang besar pada bayi di pengaruhi banyaknya hal. Alur minum dan makan, kesibukan, serta seberapa cepat kekuatan badan bayi mengolah makanan yang masuk yaitu sederet tentang yang beresiko pada seberapa seringkali bayi buang air besar. Bila satu diantara aspek itu beralih, jadi telat buang air besar mungkin saja berlangsung.

Walau perubahan satu diantara aspek diatas dapat merubah rutinitas buang air besar pada bayi, tetaplah ada batas toleransinya. Bila buang air besar kurang dari 3x dalam satu minggu, memiliki bentuk lebih keras dari umumnya meskipun frekwensi tidak beralih, dan bayi tampak kesakitan waktu buang air besar, jadi dapat di pastikan Buah Hati Anda tengah alami konstipasi. Pada bayi umur 0-5 bln. serta masih tetap konsumsi ASI, buang air besar satu minggu sekali dipandang masih tetap normal. Makanan yang anda konsumsi pun dapat mempengaruhi pencernaan bayi maka dari itu anda harus menjaga makanan yang anda konsumsi selain itu juga anda harus tau bagaimana cara menyusui yang benar dimana anda harus posisikan kepala bayi lebih tinggi dengan menggunakan sanggahan bantal tangan olus pillow dibawah kepala bayi anda untuk menghindari resiko bayi tersedak juga bayi gumoh.

Terkecuali sinyal tanda diatas, bayi akan tunjukkan gejala-gejala bila alami sulit buang air besar. Umumnya bayi semakin lebih rewel serta menangis sembari mengangkat kakinya. Pada masalah yang lebih kronis, ada bercak darah pada popok bayi yang disebabkan robeknya dinding rektum bayi karena feses yang keras.

Apa Penyebabnya Bayi Konstipasi?

Begitu perlu untuk ketahui penyebabnya bayi sulit BAB supaya dapat selekasnya dihindari. Di bawah ini yaitu sebagian keadaan yang dapat mengakibatkannya.

1. Susu formula
Peralihan dari ASI menuju susu formula rawan mengakibatkan konstipasi. Hal semacam ini lumrah berlangsung mengingat kandungan gizi pada ASI serta susu formula berlainan.

Oleh karenanya, bijaklah pilih susu formula untuk bayi. Terkecuali mengkaji kandungan yang berada di dalamnya, cermati juga bagaimana tanggapan badan buah hati Anda

2. Makanan padat
Berpindah konsumsi makanan padat kerapkali buat pencernaan bayi “kaget” hingga mengakibatkan sulit buang air besar. Hal semacam ini tidak mengherankan, terlebih bila buah hati Anda punya kebiasaan di beri makanan cair.

Masa peralihan dari makanan cair ke padat memanglah rawan menyebabkan konstipasi. Terlebih bila yang didapatkan segera berbentuk makanan minim serat, seperti nasi atau roti. Untuk meminimalisasi resiko konstipasi, beri makanan kaya serat pada bayi Anda.

3. Dehidrasi
Bayi umum menghidrasi badannya lewat minuman dan makanan yang dia mengkonsumsi, termasuk juga ASI. Satu diantara peranan air yaitu menolong sistem pencernaan. Bila dia kurang memperoleh konsumsi cairan, jadi dapat menyebabkan pada feses yang keras.

4. Keadaan medis tertentu
Walau tidak sering berlangsung, sebagian penyakit dapat mengakibatkan bayi alami sulit buang air besar. Sebagian keadaan medis yang dapat mengakibatkan konstipasi yaitu hipotiroid, alergi pada makanan, serta masalah system pencernaan dari lahir.

Bagaimana Menangani Konstipasi pada Bayi?

Janganlah cemas waktu Anda merasakan keadaan bayi sulit BAB. Ada cara-cara yang bisa dikerjakan supaya anak dapat terlepas dari masalah pencernaan yang satu ini.

1. Buat anak aktif
Supaya feses terdorong oleh usus, ajak anak-anak untuk bergerak lebih aktif. Bila bayi telah dapat merangkak, jadi membuatnya merangkak seringkali dapat dikerjakan dalam rencana mendorong feses supaya lebih gampang keluar. Bila masih tetap belum juga dapat, menggerakkan kaki bayi semestinya mengayuh sepeda dapat menolong.

2. Memijat perut
Pijatlah sisi bawah pusar bayi Anda, yakni sekitaran tiga jari dari pusar, dengan lembut. Yakinkan buah hati Anda santai serta tidak kesakitan waktu mengerjakannya.

3. Ganti susu formula
Bila bayi Anda alami konstipasi mulai sejak konsumsi susu formula, jadi ubahlah dengan merk yang berlainan. Tanyakan dengan dokter anak untuk memperoleh susu formula yang sesuai sama keperluan bayi Anda.

4. Mengombinasikan makanan
Waktu bayi telah saatnya memperoleh makanan padat, upayakan janganlah segera memberi makanan yang “berat”, seperti nasi. Tentukan makanan yang kaya dengan serat serta beri jumlah yg tidak segera banyak. Untuk hasil maksimal, pijat dulu perut bayi Anda sebelumnya diberi makanan.

5. Mandikan dengan air hangat
Memandikan bayi dengan air hangat dapat membuatnya lebih santai hingga saluran pencernaan lebih gampang keluarkan kotoran. Beri juga pijatan pada perut supaya feses lebih gampang keluar.

6. Cukupi keperluan air bayi
Supaya sistem pencernaan jalan lancar, yakinkan keperluan air si Kecil terpenuhi. Beri sebotol air untuk dia untuk menolong kemampuan system pencernaan.

Bila semuanya langkah diatas belum juga dapat menangani konstipasi pada bayi, baiknya kunjungi dokter anak. Hal semacam ini harus dikerjakan, terlebih bila bayi jadi sulit makan, berat tubuh berkurang, serta ada darah dalam feses.