Cara Ternak Walet Yang Tepat

Dec 12, 2017

0

Cara Ternak Walet Yang Tepat

Posted in : Kesehatan on by : Somet

Cara ternak walet di Indonesia lebih mudah dibandingkan negara-negara lain. Pun populasi jenis unggas yang satu ini sangat tinggi di sini. Padahal, peminat walet di luar negeri juga sangat tinggi. Sayangnya, iklim dan banyak hal menjadi kendala. Biasanya yang paling mengganjal adalah ketersediaan lahan untuk digunakan sebagai kandang walet. Sebagaimana diketahui, harga lahan di sana mencapai tiga hingga empat kali lipat lebih tinggi dibandingkan di Indonesia. Indonesia yang hanya memiliki dua iklim pun mudah untuk mengatur kelembaban yang dibutuhkan para walet agar persis seperti tempat tinggal asal mereka yang mayoritas memilih berada di gua-gua pesisir pantai yang memiliki cukup persediaan air.

Pengetahuan tentang target pasar dalam cara ternak walet pun harus dipahami benar oleh para peternak. Bagaimanapun, bisnis merupakan kegiatan perekonomian jual dan beli yang memerlukan konsumen untuk dapat berjalan. Dengan mengetahui pangsa yang dituju, usaha pun dapat berjalan tanpa kendala karena tidak perlu lagi memikirkan bagaimana atau hendak ke mana memasarkan produk tersebut. Demikian halnya dengan walet yang tersohor dengan sarangnya yang mahal namun menyimpan banyak sekali manfaat. Siapa saja orang-orang yang tepat untuk ditargetkan sebagai calon pembeli dengan tingkat penolakan sangat minim?

  • Keturunan etnis Tionghoa. Percaya maupun tidak, etnis Tionghoa yang lebih dulu menyadari khasiat-khasiat dari burung walet. Hal itu mungkin dipengaruhi oleh binatang tersebut sendiri yang pada awalnya memiliki populasi sangat besar di Tiongkok. Di Indonesia, para keturunan Tionghoa rajin mengonsumsi olahan sarang burung walet untuk menjaga kesehatan. Mengetahui hal ini, tidak ada salahnya bila Anda mencoba untuk melakukan pendekatan lebih terhadap orang-orang di sekitar Anda yang berasal dari etnis Tionghoa.
  • Pecinta herbal. Golongan ini biasanya tidak suka atau bahkan anti dengan teknologi pengobatan modern, bahkan obat-obatnya. Mereka lebih senang memercayai manfaat obat herbal yang memiliki sumber alami dan tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia. Olahan sarang walet juga menjadi salah satu prioritas mereka.
  • Pakar pengobatan oriental. Di Indonesia banyak sekali ahli pengobatan oriental yang menggunakan metode-metode pengobatan tradisional Cina, seperti akupuntur. Mereka juga memberikan obat-obatan yang alami dan bersumber dari alam. Kunjungi saja klinik semacam itu dan coba untuk menawarkan sarang walet hasil ternak Anda.
  • Orang kaya. Kalangan satu ini sebenarnya yang paling mudah dibujuk karena sebagian dari mereka memang suka membeli sesuatu meski tidak benar-benar membutuhkannya. Bergantung kepada kelihaian Anda saja untuk meyakinkan.

cara ternak walet

Kunci lain mendapatkan pelanggan dari cara ternak walet dan bisa jual sarang walet kalimantan adalah dengan sikap ramah serta memberi pelayanan maksimal tanpa mematok harga terlalu tinggi. Dengan rajin-rajin menebar senyum kepada konsumen saja, hal itu memberikan rasa nyaman kepada mereka sehingga akan kembali membeli sarang walet dari Anda ketika membutuhkan