Cara Menggemukkan Badan Anak Balita

Oct 10, 2017

0

Cara Menggemukkan Badan Anak Balita

Cara Menggemukkan Badan Anak Balita

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga kadang perlu untuk menaikkan berat badannya. Apalagi untuk anak yang memiliki berat badan kurang serta cukup mengkhawatirkan orangtua. Beberapa cara menggemukkan badan anak bisa dicoba di bawah ini. Cara-cara ini juga terbilang aman sehingga tidak akan menimbulkan efek samping pada anak. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba dalam menggemukkan badan anak

  1. Pertama, cukupi kebutuhan lemak terlebih dahulu. Mencukupi kebutuhan lemak serta aneka nutrisi lainnya akan membantu penambahan berat badan secara cepat. Sumber lemak sendiri ada pada beberapa makanan, di antaranya adalah minyak sayur, ikan, kelapa dan masih banyak lagi. Ibu bisa menyediakan makanan yang kaya akan nutrisi serta mengandung lemak agar berat badan anak bisa bertambah.
  2. Kedua, konsumsilah susu. Anak-anak terutama biasa mengonsumsi susu formula. Konsumsi susu ini adalah cara yang efektif dalam menaikkan berat badannya. Pilih produk susu yang cocok untuk anak. Apabila anak ternyata alergi protein susu sapi, maka ibu bisa menggunakan susu kedelai sebagai cara menggemukkan badan anak. Dalam susu terutama terkandung kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi, aneka vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, termasuk berperan dalam menaikkan berat badan. Selain konsumsi susu, anak juga bisa mengonsumsi produk olahan susu seperti yoghurt, puding dan es krim. Makanan olahan susu ini bisa menjadi camilan.
  3. Selain asupan lemak serta susu, menggemukkan badan anak juga akan membutuhkan konsumsi protein yang berkualitas. Protein terutama bermanfaat dalam menggemukkan badan serta membuat otot-otot menjadi lebih kuat. Sumber protein ini harus diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah telur, daging, biji-bijian serta ikan. Tubuh membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan per hari agar dapat membentuk otot baru. Konsumsi protein berkualitas akan membuat proses pembentukan otot berjalan lebih baik.

Itulah beberapa cara menggemukkan badan anak yang bisa dicoba oleh orangtua. Dengan menggunakan aneka cara di atas, diharapkan berat badan anak akan dapat mencapai titik ideal. Anak juga akan senantiasa sehat karena kebutuhan akan nutrisi hariannya seperti lemak, protein, dan vitamin dapat terpenuhi.