Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Mar 12, 2018

0

Manfaat Buah Alpukat untuk Ibu Hamil

Posted in : Kehamilan on by : Somet

Banyak hal yang menjadi perhatian bagi ibu hamil karena tentu menginginkan kelahiran bayi yang sehat. Salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan makanan dan gizi ibu. Buah-buahan pun menjadi pilihan karena kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah buah alpukat. Ada banyak manfaat buah alpukat bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah alpukat pun banyak disarankan menjadi salah satu santapan ibu saat mengandung. Anda pun patut mencobanya karena begitu banyak manfaat yang Anda dapatkan dengan mengonsumsinya.

Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Ibu dan Janin

  1. Mencegah deformitas pada bayi

Alpukat mengandung asam folat yang berfungsi dalam pembentukan organ janin. Kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan deformitas pada susunan tulang. Artinya akan terjadi susunan yang tidak teratur pada janin terutama pada gigi. Hal ini akan menyebabkan banyak masalah saat tahap pertumbuhan anak nantinya. Salah satunya adalah dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan gigi.

  1. Mencegah cacat syaraf

Kandungan asam folat menjadi manfaat buah alpukat yang besar bagi perkembangan janin. Asam folat akan menjamin proses pembentukan organ tubuh berjalan sempurna. Tanpanya, proses pembentukan organ akan terhambat dan akibat terburuknya adalah dapat menyebabkan cacat.

  1. Sumber pasokan vitamin C

Ada banyak sumber vitamin C, termasuk buah alpukat. Vitamin C akan membantu ibu hamil dalam menangani anemia. Karena selama proses kehamilan, anemia menjadi salah satu risiko yang harus disiapkan. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi yang berperan dalam pembentukan sel darah merah baru. Hal ini akan membantu mengatasi anemia yang diderita ibu hamil.

  1. Meningkatkan fungsi pencernaan

Fungsi pencernaan menjadi vital bagi ibu hamil karena makanan akan diproses pada sistem pencernaan ibu sebelum diteruskan ke janin. Oleh karena itu, sistem pencernaan ibu harus berjalan dengan baik. Inilah salah satu manfaat buah alpukat untuk menjaga dan meningkatkan fungsi pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada alpukat menjadi kunci dalam peningkatan fungsi pencernaan ini. Selain itu, berbagai kandungan enzim dalam alpukat juga berperan dalam mencegah peradangan pada sistem pencernaan.

  1. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

Berbagai nutrisi baik yang masuk ke tubuh termasuk dari alpukat akan percuma bila sistem penyerapannya tidak bagus. Salah satu manfaat buah alpukat lainnya adalah berperan dalam mengoptimalkan fungsi penyerapan nutrisi ini. Berbagai kandungan nutrisi dalam alpukat akan membantu sistem pencernaan menyerap berbagai nutrisi yang banyak diperlukan ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Kadar gula darah sangat penting untuk dijaga selama proses kehamilan. Kadar gula yang tinggi tentu berdampak buruk bagi kehamilan maupun proses kelahirannya. Pengendalian kadar gula ini dilakukan berkat rasa kenyang yang ditimbulkan saat mengonsumsi alpukat. Sehingga, ibu hamil tidak tergoda untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang artinya lebih banyak kalori.

  1. Sumber pasokan kalsium

Kalsium banyak dibutuhkan selama proses kehamilan terutama untuk pembentukan tulang dan gigi si jabang bayi. Salah satu manfaat buah alpukat untuk hal ini adalah dari kandungan kalsiumnya yang tinggi. Mengonsumsi alpukat dapat menjadi solusi memberikan pasokan kalsium yang cukup bagi janin. Dengan kalsium yang cukup, pembentukan tulang dan gigi janin akan berlangsung dengan baik dan terhindar dari cacat.

  1. Menstimulasi produksi hormon prolactin

Hormon ini bekerja untuk menjaga kondisi emosi ibu hamil agar tetap stabil. Kekurangan hormon ini akan menyebabkan emosi ibu hamil menjadi tidak terkendali. Selain itu, kandungan vitamin E yang berperan dalam stimulasi hormon tersebut juga dapat menghadirkan lingkungan yang nyaman bagi bayi. Vitamin E juga berfungsi sebagai zat yang dapat memperlambat penuaan.

Seorang ibu hamil harus memperhatikan dengan baik asupan makanannya demi kesehatan di jabang bayi. Banyak sekali manfaat buah alpukat untuk hal ini seperti yang sudah dijelaskan di atas. Mengonsumsi buah alpukat sebagai menu rutin dapat membantu ibu hamil dalam mempersiapkan kelahiran anak yang sehat. Selain itu, berbagai kandungan dalam alpukat juga sangat bermanfaat bagi ibu sendiri. Selamat mencoba.