Jangan Asal Beli AC – Berikut Tips Membeli AC Agar Sesuai Kebutuhan

Oct 25, 2017

0

Jangan Asal Beli AC – Berikut Tips Membeli AC Agar Sesuai Kebutuhan

Posted in : Furniture on by : Somet

Membeli AC dapat dikatakan gampang – gampang sulit. Hal ini dikarenakan, Apabila Anda salah membeli AC, akan berdampak pada biaya listrik rumah Anda yang akan membengkak. Tak sedikit orang yang mengeluh setelah membeli AC karna biaya listrik yang melonjak amat tinggi dan menjadi beban. Al hasil, AC tidak pernah lagi digunakan dan hanya menjadi properti rumah.

Kesalahan – kesalahan seperti ini sebenarnya dapat dihindari jika Anda lebih teliti dalam memilih AC. Adapun hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli AC diantaranya :

1.Tentukan Kapasitas AC

Setiap AC terbaik biasanya memiliki data yang menjelaskan tentang kapasitas AC. Pada dasarnya tiap AC memiliki kapasitas yang berbeda – beda. Misalnya apabila Anda mencari AC untuk ukuran kamar 3 x 3, maka Anda perlu melakukan perhitungan dengan cermat. Kapasitas AC harus pas. Hal ini dikarenakan apabila kapasitas AC terlalu kecil, maka proses mendinginkan ruangan pun menjadi lebih lama.

2. Tentukan Daya Listrik yang Dibutuhkan AC

Setiap AC terbaik bisanya memiliki karakterisitik PK masing – masing. Nilai dari PK pada AC menunjukkan daya atau Watt yang dibutuhkan untuk menghidupkan AC. Umumnya Ukuran PK AC adalah sebagai berikut :

Semakin tinggi ukuran PK nya, maka Daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Pada dasarnya PK ini dapat dijadikan sebuah pertimbangan Anda sebelum membeli AC. Agar tidak salah memilih, ada spesifikasi PK berdasarkan luas ruangan seperti berikut :

  1. Ruangan 10m = 5000 Btu/h = 1/2 PK
  2. Ruangan 14m = 7000 Btu/h = 3/4 PK
  3. Ruangan 18m = 9000 Btu/h = 1 PK
  4. Ruangan 24m = 12000 Btu/h = 12000 PK
  5. Ruangan 36m = 18000 Btu/h = 18000 PK

3. Memilih Merk AC terbaik

Selain kapasitas dan pk AC, yang wajib anda pertimbangkan adalah memilih merk AC terbaik sesuai dengan selera Anda. Umumnya setiap AC memiliki keungulan masing – masing baik dari segi desain hingga fasilitas yang tertanam didalamnya. Sehingga untuk masalah ini, Anda bisa menentukan sendiri merk AC untuk Anda.

4. Menentukan Budget dan Kisaran Harga

Hal ini juga wajib diperhatikan sebelum Anda membeli AC. Perhatikan masalah budget dan kisaran harga. Baiknya menanyakan kepada pihak toko dimana Anda membeli AC. Apakah harga yang tertera sudah termasuk pemasangan atau belum. Jangan membeli yang terlalu mahal juga, yang penting sesuai kebutuhan.