Meneguk Keuntungan dari Dropship Tokopedia

Nov 10, 2017

0
Meneguk Keuntungan dari Dropship Tokopedia

Meneguk Keuntungan dari Dropship Tokopedia

Posted in : bisnis on by : Somet
  • Berjualan online saat ini sudah menjadi tren yang sedikit demi sedikit menggantikan jualan offline. Volume transaksi online jumlahnya masih sangat sedikit dibanding dengan jumlah penduduk Indonesia yang memanfaatkan smartphones untuk berinternet. Dengan masih bertumbuhnya volume transaksi online, maka jual beli online juga masih sangat berpotensi menguntungkan. Salah satu cara untuk menyiasati modal yang dibutuhkan untuk membangun toko online adalah dengan cara dropship. Dan dropship yang palaing mudah adalah dropship Tokopedia.

    Dropship Tokopedia adalah menjual barang dari supplier di Tokopedia untuk dijual kembali di Tokopedia atau di marketplace lain. Menjual dengan cara ini, meski sama-sama di Tokopedia (antara supplier dan dropshipper sama-sama menjual di Tokopedia), masih bisa dilakukan. Terbukti banyak dropshipper yang transaksinya sukses.

    Awal dari kunci sukses untuk menjadi dropship Tokopedia adalah pemilihan supplier. Seperti halnya toko online, sebelum berjualan penting untuk menentukan akan menjual apa. Untuk menjadi seorang dropshipper sukses, harus diawali dengan mencari supplier yang bisa support dropshipper. Ada beberapa kriteria sebelum menjatuhkan pilihan untuk menjual barang dari supplier mana. Kriteria yang pertama adalah tingkat kesuksesan atau sukses rate supplier dalam menerima pesanan. Semakin tinggi semakin baik. Artinya supplier hampir tidak pernah menolak pesanan. Kriteria yang kedua adalah kecepatan respon atas pertanyaan yang dikirimkan. Hal ini juga penting karena banyak customer yang bertanya-tanya sebelum memutuskan untuk membeli barang.

    Setelah pemilihan supplier dan upload barang supplier ke toko dropshipper, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah optimasi toko. Optimasi toko sangat penting agar toko dapat terpromosikan dengan maksimal menggunakan budget seminimal mungkin. Tanpa dipromosikan, toko di Tokopedia atau marketplace lain akan tenggelam di halaman-halaman akhir. Bila sudah berada di halaman terakhir, siapa yang akan menengok tokonya.

    Di Tokopedia dan Shopee disediakan fasilitas untuk promosi toko secara gratis. Ada juga promosi berbayarnya. Sebaiknya digunakan dulu fungsi promosi gratisnya. Di Tokopedia maupun Shopee disediakan tombol promosi yang dapat digunakan pada waktu tertentu sehingga salah satu barang di toko akan tampil di halaman pertama. Sebaiknya untuk usaha dropship Tokopedia menggunakan fungsi ini secara maksimal.