Ekspor Kurma ke Tiongkok

Apr 22, 2018

0

Ekspor Kurma ke Tiongkok

Posted in : bisnis on by : Somet

Kurma yang akan diekspor ke Tiongkok di balut plastik dan di sertakan QR- code keping per keping.
Dahulu proses pengemasan kurma berlangsung cepat dan singkat. Para pekerja mencuci kurma yang sudah bersih kemudian mengeringkannya. Setelah itu mereka memasukkan ke kantong plastik dan menata di dalam boks mika.

Kini mereka membalut setiap kurma dengan plastik transparan, lalu memberi sticker berbentuk oval seukuran koin Rp 500. Itulah QR-code. Pemerintah Tiongkok menetapkan aturan agar Kurma tetap bersih, terhindar dari kontaminasi debu dan zat-zat yang membahayakan kesehatan ketika di pajang di etalase para pedagang di Negeri Tirai Bambu.

Kadar air

Tujuan lain yang tak kalah penting pembungkusan itu membuat kelembapan terjaga sehingga meminimalisir penyusutan saat pengiriman dan penyimpanan. Ketika tanpa pembungkusan kehilangan bobot kurma mencapai 15% akibat penguapan. Teknik pembungkusan sejatinya tidak sesederhana mengemas buah-buahan lainnya atau sayur-sayuran untuk pengiriman ke pasar-pasar swalayan. Prosesnya semi otomatis menggunakan mesin shring wrapp dengan ban berjalan.

Pada pekerja tetap berperanan penting dalam proses pembungkusan. Mereka yang mengatur suhu dan kecepatan mesin. Suhu yang terlalu panas dapat menyebabkan plastik berlubang atau melekat pada kurma. Bahkan terkadang membuat kurma bentuknya tak beraturan, sehingga riskan . Pengerjaan pembungkusan memakan waktu cukup lama karena perlu konsentrasi dan kehati-hatian. Sebagai gambaran, dalam sehari 15 pekerja terampil hanya bisa memproses 100 Kg kurma, itu berarti memerlukan waktu 2-3 kali lipat dibanding tanpa pembungkusan.

Kadar air pun perlu diperhatikan agar kurma tidak rusak dan busuk, kurma juga harus di dimpan di pendingin ruangan. Jika pendingin ruangan terlalu rendah berakibat kurma mudah busuk. Agar lebih akurat, PT Kampoeng Kurma Group yang lolos untuk mengekspor kurma ke Tiongkok, menggunakan mesin pendingin digital.

Baca:

Jual Beli Tanah Kavling